Monday, January 19, 2009

LAPORAN DISKUSI MAKANAN MENGANDUNG MELAMIN



1. Pendahuluan

Melamin adalah unsur basa (C3H6O6). Dalam beberapa tahun terakhir telah diketahui makanan yang mengandung melamin yang sangat berbahaya bagi masyarakat karena kadar nitrogen melamin yang tinggi yaitu mencapai 66%. Melamin diketahui berasal dari susu bubuk. Terutama susu bayi.

Atas dasar itu, diskusi tentang makanan bermelamin dilakukan. Tujuan dari diskusi ini adalah agar perserta diskusi menyadari betapa berbahayanya makanan yang mengandung melamin itu. Dari kesadaran itu diharapkan dapat membantu peserta untuk lebih selektif dalam memilih makanan terutama susu bubuk dan ‘makanan jadi’ yang berasal dari Cina.



2. Isi Laporan

Untuk memberikan informasi tentang makanan yang mengandung melamin, telah dilaksanakan seminar tentang “Makanan Mengandung Melamin” pada

1. Tanggal : 29 November 2009
2. Waktu : 10.30 s.d 11.45
3. Tempat : Kelas XII IPA 3 SMAN 1 Kedungwaru
4. Narasumber : 1. Andi Khoirul Z.

2. Agnestia N.

5. Pembanding : 1. Ahmad Khoirul N.

2. Dora Cynthia

6. Notulis : Puput
7. Moderator : Adip Setiawan



Dalam seminar tersebut narasumber menyampaikan ceramahnya dengan judul sebagai berikut:

1. “Bahaya Makanan Mengandung Melamin” yang disampaikan oleh Agnestia N.
2. “Tindakan BPOM Dalam Menangani Makanan yang Mengandung Melamin” yang disampaikan oleh Andi Khoirul Z.



Dalam diskusi tersebut, Agnestia memaparkan tentang betapa berbahayanya makanan yang mengandung melamin. Yang dimana asal mula makanan bermelamin diketahui dari penelitian makanan di Amerika dalam susu produk dari Cina yaitu susu bubuk. Menurut Agnestia, hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah bayi yang terkena penyakit ginjal dari Negeri Panda tersebut. Sementara itu Andi Khoirul memaparkan bagaimana usaha BPOM ataupun pemerintah dalam menanggulangi masalah serius tersebut. Andi mengatakan bahwa masalah susu bubuk dari Cina yang oleh pemerintah ditarik tidak mengganggu hubungan bilateral mereka.

Dalam diskusi tersebut peserta diskusi tampak kurang antusias mengikuti diskusi. Ketidak antusias itu ditunjukkan dengan sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menanggapi topic diskusi ini.





3. Penutup

Melamin merupakan unsure basa (C3H6O6) yang bentuknya seperti susu bubuk, tidak berasa, dan tidak berbau. Makanan yang mengandung melamin ini menyebabkan penyakit ginjal, kanker, gangguan kandung kemih, dll. Penanggulangan yang dilakukan oleh BPOM untuk masyarakat adalah melakukan inspeksi mendadak dan memberikan data yang makanan yang diduga kuat mengandung melamin dan menariknya dari pasar ataupun supermarket demi kesehatan masyarakat. Melamin seharusnya digunakan untuk pembuatan lem, bahan plastic, dll. Oleh karena itu kita harus lebih jeli dalam memilih makanan terutama makanan yang memiliki lambang ML yang artinya makanan produk luar negeri.

Comments :

0 komentar to “LAPORAN DISKUSI MAKANAN MENGANDUNG MELAMIN”

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2010 by CAH SMARIDUTA
Themes : Magazine Style by IrSyad