Tuesday, January 20, 2009

ASEM MANIS BERKARYA SENI RUPA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam super sahabat Indonesia!!!

Setelah sekian lama penantianku, akhirnya datang juga tugas akhir semester 1 ini yaitu membuat laporan tentang pengalaman berkarya seni rupa. Diantaranya komposisi garis, titik, dan bidang lalu macam-macam tekstur dan yang terakhir ialah lingkaran warna Newton.
Yang pertama yaitu komposisi garis, titik, dan bidang. Pembuatan karya ini menurut saya sangat melelahkan, walaupun biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak akan tetapi perlu ketelatenan dan keuletan dalam mengerjakannya. Lebih-lebih lagi pada komposisi titik harus lebih ekstra telaten dan akhirnya karya perdana saya ini dinilai 80…(lumayanlah dari pada dapat 79)
Karya yang kedua yaitu membuat tekstur. Biaya yang saya keluarkan pada sesi kedua ini lebih banyak dari pada sesi pertama, karena saya dulu salah membeli kertas karton yang seharusnya saya beli yang ukuran 3 mm. Eh.. malah ukuran 1.5 mm yang saya beli . Tapi gak pa2 lah. Pada awal pembuatan saya sangat kebingungan mencari bahan tekstur, terutama tekstur alam. Karena disekitar rumah saya pohonnya cuma sedikit. Jadi dengan sangat amat terpaksa dan berat hati saya minta pada teman dan alhamdulillah dikasih . Sedangkan pada tekstur semu saya mencari gambarnya di internet. Dan sialnya pas waktu nge-print, printernya sedikit hang. Jadi hasilnya kurang begitu maksimal . Sedangkan untuk tekstur-tekstur yang lain saya tidak terlalu kesulitan untuk mencarinya. Akhirnya waktu penilaian pun tiba, dan alhamdulillah saya mendapat nilai 85, yee!!! (lumayan dari pada dapat 84) .
Karya yang terakhir yaitu membuat lingkaran warna Newton. Karya yang satu ini memang membutuhkan biaya yang lebih banyak dari pada dua karya sebelumnya. Bahan-bahannya harganya mahal, cat posternya saja harganya Rp 7.000, kalo beli 3 ya Rp 21.000. Trus beli palet Rp 1.500, lalu beli 2 kuas Rp 3.000 dan busur derajat Rp 500. jadi kalo dihitung-hitung totalnya Rp 26.000 (Loh2 !!! kok jadi ngitungin biaya sich.. jangan gila doonk!!) He.. . Tahap awal pembuatannya yaitu membuat 3 buah lingkaran, Lalu membaginya menggunakan busur derajat dengan ukuran sudut yang harus pas. Tahap yang paling sulit adalah pengecatan dan pencampuran warna. Setelah jadi dan saya tanyakan pada Bu Yusma, Eh ternyata komposisi warnanya salah..(tidaaakk!!) . (dalam hati kecilku berkata : “innalillahi wa inna ilaihi roji’un”) Aku sangat terpukul sekali mendengar hal tersebut, dan dengan berat hati terpaksa harus buat lagi. Dengan sedikit ketelitian dalam mencampur warna dan ketelatenan dalam menggoreskan kuas, akhirnya jadi juga. Dan saat yang menegangkan pun kembali lagi.. Bu Yusma mengkritik karyaku lagi lalu saat itu pun bulu kuduk ku langsung berdiri dan suasana menjadi mencekam, ada hawa aneh yang merasuk dalam tubuhku dan tiba-tiba muncul seberkas cahaya yang menghapus kabut yang mencekam itu. Ternyata eh ternyata, itu cuma halusinasi ku saja. cahaya yang menghapus kabut yang mencekam itu ternyata pertanda kalo aku tidak remidi. Dan saya diberi nilai 81 …(lumayanlah dari pada dapat 80)
Cukup sekian saja cerita yang bisa saya utarakan tentang pengalaman berkarya seni rupa. Bila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya, akhir kata

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Tulungagung, 14 Desember 2008




Muh Irsyadsyah/X-A

Comments :

7 komentar to “ASEM MANIS BERKARYA SENI RUPA”

kurnia-toko roti said...
on 

yek irsyad..
kuwi pora yo pas wisuda..
dudu penghargaan buat teksturmu..
wokwokwokwokwok...
nice nice

Cherry Blossom said...
on 

Eh, warna-warna yang ada dalam lingkaran warna Newton tuh apa aja?
Balas, ya...
Cepat!!
GPL
Klo ga mo balas, berarti PELIT!!!

Ranger Merah said...
on 

Buat Cherry Blossom

Apa yoo.. po gak merah, biru, n kuning, abis tu warna yang lain dicampurin sesuai kombinasi....

Ranger Merah said...
on 

kurnia-toko roti...we sopo???

Ranger Merah said...
on 

Kui foto editan he.....

kurnia-toko roti said...
on 

kuma sad...
coba2 pake nick lain
wkwkwkwkwk

Ranger Merah said...
on 

hUH.... SAOS Tar-Tar!!....

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2010 by CAH SMARIDUTA
Themes : Magazine Style by IrSyad